Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Akibat Terpapar Layar Komputer dan Smartphone

Bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam tentunya tidak baik untuk kesehatan mata kita. Apalagi jika ditambah dengan melihat layar smartphone setelahnya, membuat mata jadi cepat lelah.

Ada beberapa ciri yang mengindikasikan bahwa mata kita sudah lelah akibat terpapar layar komputer dan smartphone. Seperti mata menjadi terasa berat, penglihatan sedikit kabur, hingga menyebabkan sakit kepala.

Simak beberapa cara berikut ini untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat paparan layar komputer dan smartphone setiap hari.

A. Perbesar Teks:
Ukuran huruf yang kecil pada smartphone tentunya membuat mata bekerja secara ekstra untuk membacanya. Ini juga membuat jarak mata dengan layar lebih dekat sehingga menimbulkan sakit kepala jika dilakukan dalam waktu yang lama.

B. Berkedip:
Terlalu fokus melihat layar komputer dan smartphone membuat kita lupa untuk berkedip. Membuat mata menjadi kering, cepat lelah, dan merah. Tidak perlu mengingat kapan harus berkedip saat melihat layar. Sebaiknya jadikan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

C. Atur Cahaya Layar:
Layar yang gelap tentunya membuat mata jadi lebih ekstra untuk membaca, namun layar yang cahayanya terlalu terang juga tidak bagus buat mata. Pastikan cahaya pada komputer atau smartphone pas, agar tidak merusak mata.

D. Aturan 20-20:
Terapkan aturan 20 menit bekerja depan layar, ambil 20 detik untuk beranjak. Kamu bisa pergi mengambil air minum atau menggerakkan badan dan kepala.