Hati-Hati! Hacker Dapat Meretas Akun WhatsApp Hanya dengan Gambar

Berkembangnya teknologi layaknya sebuah pisau bermata dua. Di satu sisi dapat memudahkan kehidupan para pengguna dengan mudahnya mencari informasi yang dibutuhkan, namun di sisi lain ancaman para si tangan jahil dalam mencari keuntungan.

Baru-baru ini, ada sebuah berita yang cukup membuat para pengguna messenger WhatsApp harus lebih waspada. Karena ternyata aplikasi WhatsApp memiliki sisi rentan atau semacam bug yang dapat dimanfaatkan oleh para peretas. Sisi rentan tersebut terdapat pada layanan pesan milik WhatsApp. Melalui layanan pesan ini, para peretas bisa mengakses seluruh informasi yang ada pada akun WhatsApp hanya dengan mengunggah sebuah gambar saja.

Bagaimana para peretas tersebut meretas? Mereka hanya cukup mengunggah sebuah gambar yang sudah dipasangi Malware melalui fitur chat dan menunggu pengguna melihat gambar tersebut dan melakukan klik pada gambar yang dikirim.

Ketika gambar tersebut telah diklik, maka para peretas dapat mengontrol akun WhatsApp para pengguna yang menjadi korban, termasuk mengambil sejumlah informasi, foto, dan video, hingga memanipulsai isi chat akun WhatsApp tersebut.

Masalah ini terjadi karena fitur enkripsi End to End milik WhatsApp. Fitur ini membuat pesan yang dikirim oleh satu pengguna ke pengguna lainnya tidak dapat dibaca oleh pihak WhatsApp atau dengan kata lain terenkripsi. Di satu sisi, fitur ini memang bertujuan menjaga privasi data pengguna. Namun di sisi lain, aplikasi WhatsApp ini tidak akan dapat mengetahui apakah ada malware yang disisipkan ke dalam pesan yang telah terenkripsi tersebut atau tidak.