Selamat Datang, Facebook Stories!

Selama tahun 2015-2017, fitur video yang bertahan 24 jam menjadi sangat booming di jagat media sosial. Diawali oleh kiprah Snapchat, jejaring media sosial lainnya pun berlomba-lomba untuk mengeluarkan fitur yang sama. Berawal dari Instagram yang membuat Instagram Stories, lalu messenger WhatsApp dengan fitur Status, sampai yang terakhir raksasa media sosial, Facebook pun mengikuti langkah serupa.

Fitur yang diberinama Facebook Stories ini memang sangat mirip dengan Snapchat dan Instagram Stories. Sama-sama bisa berbagi foto dan video yang akan lenyap dalam waktu 24 jam, pemakaian filter edit, dan stiker.

Bagi yang belum tahu bagaimana menggunakan fitur ini, kamu bisa mencarinya di tampilan aplikasi Facebook yang bergambarkan ikon kamera di pojok kiri atas. Nah, di bagian situlah user bisa mengambil foto ataupun video pendek.

Sebelum diposting, kreasikan video pendekmu dengan menambahkan beragam filter, efek bergerak, tulisan hingga coret-coretan. Kamu juga bisa memilih untuk mengirim postingan tersebut ke beberapa teman tertentu dan memilih memposting video tersebut di linimasa Facebook kamu atau tidak.

Tidak hanya itu, Facebook menggandeng sejumlah pihak ketiga untuk menghadirkan lebih banyak fitur efek lensa kamera animasi, antara lain beberapa film yang akan tayang seperti Despicable Me 3, Guardians of the Galaxy dan Wonder Woman. Facebook juga mengajak dua seniman untuk ikut merancang desain filter Facebook Stories.

Fitur-fitur seperti ini sudah diaplikasikan di beberapa anak perusahaan Facebook seperti Messenger, Instagram Stories dan Whatsapp. Kepopuleran Instagram Stories pun berhasil mengalahkan Snapchat. Sepertinya Facebook berharap fitur ini juga akan sukses di layanannya sendiri.