Kini Layanan Asisten Digital Bisa Digunakan di Android Versi Nougat dan Marshmallow

Sejak diperkenalkan dalam konferensi Google I/O tahun 2016 lalu, teknologi asisten pribadi digital atau Google Assistant hanya tersedia secara terbatas. Namun kini, Google mulai menyalurkan Assistant ke dua model smartphone lain, yakni di OS Android versi 7.0 (Nougat) dan versi 6.0 (Marshmallow), serta memiliki Google Play Services. Walau bisa dijalankan di versi Nougat dan Marshmallow, nyatanya tak semua smartphone dengan OS tersebut bisa menjalankan Assistant. Ada berbagai syarat, seperti smartphone harus memiliki kapasistas RAM setidaknya 1,5 GB dan resolusi layar minimal 720p (1280 x 720 piksel)

Sepintas Google Assistant terlihat sama seperti Google Now, bisa menyajikan aneka macam informasi yang diminta pengguna, seperti informasi cuaca, peta, jadwal penerbangan, hingga menyalakan lampu rumah dengan perintah suara.

Bedanya, Assistant tak hanya mampu menerima perintah, tapi juga bisa berkomunikasi dua arah dengan pengguna, karena dibekali teknologi pengenalan bahasa.

Di ponsel yang sudah memiliki Google Assistant, sang asisten pribadi ini dapat dipanggil dengan mengucap “OK, Google” atau menekan dan menahan tombol home beberapa saat.