Label “Disputed”, Sebuah Langkah dari Facebook dalam Memerangi Berita HOAX

Akhirnya Facebook mulai menepati janjinya dalam memerangi konten atau berita hoax. Pasalnya di bulan ini, Facebook dilaporkan memulai langkah-langkah untuk memerangi hoax dengan cara memberi label khusus pada konten atau berita tersebut.

Label tersebut berbunyi “Disputed” (kebenaran disangksikan) itu disematkan di posting secara individual, bukan di akun penggugah secara keseluruhan.

Isi konten yang diragukan kebenarannya akan dinilai oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Facebook sebagai pemeriksa fakta, yaitu Snopes dan Politifact.

Facebook menjelaskan bahwa informasi keberadaan konten hoax diperoleh lewat laporan pengguna atau penyisiran algoritma khusus untuk mengendus konten hoax tersebut. Laporan dugaan hoax ini kemudian diteruskan ke para pemeriksa fakta untuk dicek kebenarannya. Apabila setidaknya dua pemeriksa fakta sependapat bahwa konten bersangkutan merupakan hoax, label "disputed" pun akan disematkan.

Label Disputed ini tentunya belum menerapkan sistem yang sepenuhnya ideal. Saat ini pelabelan konten yang diduga hoax baru tersedia secara terbatas. Belum diketahui kapan fitur itu bakal bisa diterapkan di seantero Facebook.