Tips Memakai WiFi Publik Agar Tidak Diincar Oleh Peretas

Mengonsumsi WiFi gratisan memang enak, selain gratis, terkadang koneksinya sangat cepat. Namun ternyata ada bahaya yang mengintai saat menggunakan WiFi publik. Yap, informasi mengenai data diri kita bisa saja diretas oleh para “tangan jahil”

Untuk itu, yuk perhatikan beberapa tips ini agar terhindar dari incaran peretas saat menggunakan WiFi publik.

Tips pertama, jangan pernah meninggalkan laptop atau smartphone kamu tanpa pengawasan, walaupun hanya sebentar.

Kedua, atur jaringan wireless di perangkat kamu jangan sampai otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Lebih baik diatur agar memilih jaringan hotspot dengan cara manual.

Ketiga, pastikan kamu mengakses jaringan hotspot yang legal dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.

Keempat, matikan fitur berbagi dokumen /file sharing saat kamu menggunakan jaringan WiFi dan usahakan meminimalkan jumlah data pribadi yang sifatnya sensitif untuk disimpan dalam laptop dan smartphone.

Kelima, periksa kembali kondisi perangkat kamu bila memanfaatkan fasilitas hotspot. Bisa saja tanpa sadar terinfeksi malware yang dikendalikan oleh hacker karena menggunakan jaringan yang sama lewat WiFi publik.

Yuk, jadi pengguna internet yang bijaksana. WiFi gratis gak selamanya asik seperti yang kita bayangkan lho. Ada baiknya berjaga-jaga ya.