Teknologi TextSecure Menjadikan WhatsApp Sebagai Aplikasi Paling Aman

Fitur enkripsi yang ditambahkan ke dalam layanan pesan singkat WhatsApp, membuat WhatsApp sebagai aplikasi yang paling aman hingga saat ini dan sulit dipecahkan meskipun oleh agen pemerintahan sekalipun. Teknologi yang digunakan oleh WhatsApp ini disebut dengan TextSecure yang dikembangkan oleh tim pengembang software open source yaitu dari Open Whisper System.

Teknologi TextSecure WhatsApp ini mendukung eknkripsi percakapan teks antar pengguna WhatsApp, namun untuk sementara, grup chat dan pesan media masih dalam tahap pengembangan. Teknologi ini diklaim bisa dinikmati berbagai platform, tidak hanya Android, melainkan iOS pun juga bisa.

Teknik unik yang digunakan TextSecure ialah dengan membuat kunci untuk setiap pesan yang dikirim, teknik tersebut diberi nama dengan Forward Secrecy. Sehingga jika seorang peretas ingin membaca pesan, maka mereka perlu untuk membobol kunci tersebut pesan per pesan untuk membuka semua percakapan. WhatsApp mengklaim bahwa saat ini mereka telah mengirimkan pesan dalam jumlah miliaran dari 500 juta pengguna aktifnya per bulan.