Teknologi Smartphone yang Diprediksi Meningkat di Tahun 2017

Tahun yang baru merupakan sebuah ajang bagi perusahaan smartphone untuk mengembangkan teknologi terbaru di produknya. Hal ini juga demi menjaga eksistensi mereka di ranah smartphone dan merebut hati konsumen.
 Seperti apakah teknologi pada smartphone yang diprediksi akan meningkat di tahun 2017? Berikut ulasannya.

a. Layar Less Bezel
 Pada tahun 2016, mungkin tidak banyak smartphone yang sudah menerapkan teknologi Less Bezel pada produknya, dan di tahun 2017 akan diprediksi teknologi kian menyebar ke seluruh produk smartphone. Sensasi layar Less Bezel memang menciptakan sensasi kemegahan tersendiri saat menggenggam nya, seperti yang diperlihatkan oleh Xiaomi Mi Mix dan Samsung Galaxy S7 Edge

b. Sistem Pengamanan Sidik Jari dan Retina Mata
Sistem pengamanan pada smartphone tentu merupakan satu hal yang cukup diperhatikan bagi para pengguna maupun perusahaan smartphone itu sendiri. Berbagai terobosan pun sudah banyak dibuat. Mulai dari password, sidik jari (fingerprint scan) hingga yang terbaru adalah Retina mata. Mungkin teknologi terakhir (Retina mata) masih cukup asing bagi para pengguna. Wajar teknologi ini baru digunakan pada Samsung Galaxy Note 7, itu pun sempat menghilang karena masih terkendala flagship milik Samsung.

Namun di tahun 2017, diyakini teknologi pemindai retina mata akan jauh berkembang dan semakin banyak digunakan oleh berbagai produk smartphone.

c. Sistem Pembayaran Mobile:
Sistem pembayaran mobile adalah sebuah sistem yang saat ini sudah mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan seperti yang kita ketahui ada Samsung Pay, Android Pay, kemudain Apple Pay, dan di Indonesia yang terbilang sudah cukup populer yaitu T-Cash sistem pembayaran mobile dari Telkomsel. Sistem ini dipercaya lebih praktis karena tanpa arus membawa uang cash untuk melakukan transaksi pembelian, dan teknologi ini ditahun 2017 mendatang sepertinya akan jauh lebih popular untuk digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone.

d. Dual Camera:
Teknologi ini sebenarnya sudah ada di periode tahun 2016. Namun, hanya beberapa produk smartphone saja yang telah memakai teknologi ini. Seperti pada iPhone 7 Plus, HTC One M8, LG V20, dan juga LG G5. Seiring berjalannya waktu dan teknologi semakin berkembang, teknologi ini diyakini akan digunakan oleh produk smartphone kelas menengah lainnya.

e. Jack Audio 3.5mm Diganti USB Type-C:
Apple dengan produk iPhone 7 dan 7 Plus nya lah yang mengawali teknologi ini. Meski awalnya terbilang aneh untuk menghilangkan Jack Audio 3.5 mm dan menggantinya ke port USB type-c, namun belakangan diyakini bahwa perubahan ini adalah menjadi proyeksi kecanggihan masa depan yang akan terjadi pada teknologi smartphone. Diyakini juga langkah Apple ini akan dtiru oleh produk lainnya di tahun 2017.