Tips Memotret Makanan Menggunakan Smartphone

Tiada hari tanpa memotret dan posting ke media sosial, mungkin itu lah sebuah slogan yang cocok untuk menggambarkan kehidupan manusia saat ini. Apa pun kegiatannya, di mana pun tempatnya, hingga apa pun makanannya, kita selalu memotretnya lalu memosting ke media sosial. Namun, untuk memotret makanan tentunya bukan perkara yang mudah, walaupun diambil dengan smartphone. Kita harus tahu betul komposisi, cahaya, angle, framing, agar makanan yang difoto tampak lezat saat kita posting ke media sosial. Gimana ya caranya agar hasil foto makanan kita terlihat lezat meskipun dipotret menggunkanan smartphone? Berikut tipsnya.

 a. Pentingnya Cahaya:
 Sumber cahaya yang besar dan lembut tentunya membuat warna makanan yang disajikan terlihat lebih bagus saat difoto. Kamu bisa mengakalinya dengan memotret di luar saat hari mendung atau di dalam rumah di dekat jendela. Jika kamu berada di dalam rumah, jangan takut untuk memindahkan seluruh objek maupun peralatan ke lokasi yang tepat. Nah, untuk kamu yang sering memotret makanan saat berada di sebuah restoran, kamu harus pintar mencari tempat strategis untuk mendapatkan cahaya yang ideal. Triknya, jangan menggunakan lampu flash kamu, lalu gunakan pinggiran meja atau gelas untuk menahan ponsel agar tetap stabil.

 b. Bermain dengan Framing:
 Salah satu kendala memotret menggunakan smartphone adalah jarak antara objek dengan smartphone kita tanpa membuat distorsi. Untuk itu, kita harus berani bermain dengan framing-framing yang menarik. Seperti tegak lurus dari atas.

 c. Filter Oke, Tapi Ciptakan Dulu Hasil yang Bagus:
 Menjamurnya filter edit foto membuat kita tergoda untuk memakainya. Namun hal yang perlu diingat adalah filter tersebut hanyalah sebuah bumbu tambahan untuk membuat foto makanan terlihat bagus. Hal yang utama adalah kita harus memotretnya secara bagus dahulu, baru ditambah dengan filter yang pas. Ingat, terlalu menggunakan filter berlebihan juga membuat hasil tidak natural lho.