Jadikan Diet Gadget Sebagai Resolusi Tahun 2017. Sanggup?

Perkembangan smartphone yang semakin meningkat tiap tahunnya tentu bagai pedang bermata dua. Di mana di satu sisi sangat sekali bermanfaat bagi kehidupan manusia sebagai penggunanya, namun di sisi lain membuat manusia seakan lupa untuk berinteraksi dengan sesama karena keasikan main smartphone atau gadget.

Tentu hal tersebut kalau dibiarkan terus menerus sangat tidak baik bagi kita. Berikut ini ada beberapa tips untuk melakukan Diet Gadget agar kamu tidak terlalu kecanduan dengan menggunakan gadget.

a. Disiplin:

Yap, ini adalah kunci di setiap aspek kehidupan. Terlebih jika kamu memang serius ingin diet gadget, sewajarnya kamu tidak perlu untuk terlalu sering mengintip gadget secara terus menerus.

b. Interaksi dengan orang sekitar:

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Namun karena keasikan main gadget, kita jadi anti-sosial. Nah, sudah saatnya kita kembali menjadi makhluk sosial. Berinteraksi lah dengan teman jika sedang ngumpul, ngobrol dengan orang tua dikala libur, atau ngobrol dengan orang lain agar dapat pengetahuan baru.

c. No gadget rules:
Nah, tips ini kayaknya cocok dilakukan kalau lagi ngumpul sama teman-teman. Coba bikin peraturan ini, dengan cara meletakkan gadget kamu dan teman-teman di atas meja, lalu bikin aturan yang mengambil gadget terlebih dahulu denda. Dijamin kamu dan temanmu akan asik ngobrol dan lupa dengan gadgetnya

d. Jangan terlalu responsif pada gadget:

Jika seseorang kerap memeriksa ponselnya, minimal 20 kali sehari, atau selalu menjawab komentar Twitter maupun Facebook, dapat dipastikan tak ada waktu beristirahat bagi otak. Karena tanpa disadari, kamu akan terus memikirkan apa yang ada di sosial media meski tidak sedang berselancar didalamnya.

Jika hal ini sudah bisa dilaksanakan, kamu akan membangun kebiasaan yang baik tentang bagaimana kamu tidak terlalu 'kecanduan' pada gadget, dan kembali ke kehidupan sosial atau percintaanmu.

e. Cari kesibukan lain:

Belajar make up sama temen sekantor, bikin scrapbook, berkebun di rumah, baking, dan sederet kesibukan lain, bisa mengalihkan perhatianmu dari gadget.