Tren Teknologi di Tahun 2017

Di tahun yang baru ini tentunya raksasa pengembang teknologi terus berinovasi untuk menciptakan sebuah karya yang up to date. Terlebih lagi memang teknologi dikenal sangat dinamis, tentunya terobosan-terobosan ide sangatlah dinantikan oleh masyarakat dunia.

Kira-kira, teknologi apa saja yang akan menjadi tren di tahun 2017 nanti? Berikut daftar teknologi yang diperkirakan akan melesat di tahun 2017, berdasarkan prediksi dari Forbes.

A. IoT dan teknologi rumah pintar:

Teknologi Internet-of- Things (IoT) memang sudah diprediksi sejak beberapa tahun lalu. Namun, hingga sekarang teknologi tersebut belum mencapai puncaknya. Salah satu yang menjadi alasan mandeknya teknologi tersebut adalah kehadiran teknologi pendukung yang belum memadai. Selain itu, beberapa perusahaan masih belum menghadirkan solusi terintegrasi dan masih melakukannya secara terpisah. Kabar baiknya, banyak perusahaan besar mulai menawarkan layanan terintegrasi, sehingga bukan tak mungkin teknologi ini kian dominan pada 2017.

B. AR dan VR:

Tak dapat dipungkiri bahwa tahun 2016 kemarin adalah ajang teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) untuk konsumen. Hal itu tak lepas dari banyaknya perusahaan yang merilis apliksi, perangkat serta game yang mengusung teknologi ini. Namun beberapa pengamat memastikan bahwa hal tersebut hanya tahap awal bagi teknologi AR dan VR di pasaran. Dan diprediksikan bahwa tahun 2017 akan menjadi puncaknya pengembangan teknologi AR dan VR.

C. Integrasi Digital dan Fisik:

Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap lapisan masyarakat. Terlebih smartphone juga telah merilis berbagai macam aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan penggunanya. Salah satu hal yang terlihat adalah di bidang e-Commerce. Dengan jumlah pengguna smartphone yang meningkat serta mengandalkan sistem digital dalam kehidupan sehari-harinya, integrasi layanan fisik dan digital akan makin meningkat pada tahun 2017. Beberapa e-Commerce kemungkinan juga akan menyediakan lebih banyak produk fisik, sehingga pengalaman yang ditawarkan jadi lebih baik. Langkah serupa juga dilakukan oleh para perusahaan konvensional yang akan memulai menginjakkan kaki di ranah digital untuk mengembangkan usahanya.

D. Layanan On-Demand:

Semakin banyaknya beragam aplikasi yang muncul tentu makin memudahkan kehidupan para penggunanya. Nonton film, mendengarkan lagu, belanja, sampai order kendaraan umum bisa diakses melalui aplikasi yang ada di smartphone. Oleh karena itu, 2017 akan menjadi tahun dengan penggunaan aplikasi terbesar. Tahun ini, peningkatan penggunaan layanan on- demand diprediksi melonjak tajam, mengingat penetrasi smartphone pun kian luas.