Tablet Pengganti Kertas, reMarkable

Meski teknologi digital telah berkembang pesat, masih banyak orang yang enggan meninggalkan kertas. Hal ini dikarenakan layar digital dinilai masih belum mampu menyaingi kertas dalam hal kenyamanan, baik untuk membaca maupun menulis. Namun, kini sebuah perusahaan berusaha mengubah fakta ini melalui dengan meluncurkan tablet bernama reMarkable.

Sebuah produk teknologi biasanya menjanjikan banyak fitur atau keunggulan untuk menarik konsumen, namun reMarkable menggunakan pendekatan yang berbeda. reMarkable “hanya” menekankan bahwa ia mampu menggantikan buku catatan ataupun sketsa, dengan menawarkan pengalaman membaca, menulis, dan menggambar seperti pada kertas.

Perbedaan reMarkable dengan tablet-tablet lain terletak pada bagian layar. reMarkable menggunakan layar khusus berjuluk Canvas yang mengimplimentasikan teknologi E Ink Carta dengan permukaan material yang ultra tipis dan bertektur. Selain memberikan sensasi serupa dengan kertas sungguhan, ia juga dapat melakukan refresh secara cepat. reMarkable juga menyematkan bateri yang tahan lama dan kapasitas memori yang mampu menampung 100.000 halaman.

reMarkable dijual dengan harga ritel 529 dollar AS. Sedangkan untuk pemesan early bird, tablet 10.3 revolusioner ini tersedia dengan harga 379 dollar AS yang sudah termasuk pen dan cover.