Sulap Kamera Ponsel Menjadi Mikroskop

Bosan dengan gaya fotografi yang begitu-begitu saja? Kamu dapat mencoba fotografi mikroskopis yang memberikan sensasi berbeda. Tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki peralatan fotografi yang canggih. Kini kamu bisa memanfaatkan kamera ponsel kamu plus sebuah lensa opsional bernama Blips.

Lensa adesif yang terinpirasi dari tetesan air ini diciptakan oleh Smart Micro Optics yang berkolaborasi dengan Italian Institute of Technology (IIT). Dengan harga 30 dollar AS, kamu akan mendapatkan sepasang lensa plastik, mikro dan makro, dalam kemasan yang menyerupai kotak korek api. Blips juga menyediakan kit yang lebih lengkap dengan tambahan stand dan sumber cahaya. Namun, untuk para penggemar fotografi mikroskopik pemula, paket standar sudah termasuk cukup.

Lensa Blips dapat menempel di kamera ponsel dengan perekat yang disediakan. Meski cukup praktis inovatif, Blips masih memiliki kelemahan. Setelah dilepas-pasang berulang-ulang, tingkat kerekatan akan semakin berkurang sehingga ada kemungkinan untuk lepas.

Selain itu, depth of field yang dihasilkan kurang bagus, sehingga sulit untuk menemukan fokus. Dibutuhkan kesabaran dan tangan yang steady, serta penerangan yang tepat untuk mendapatkan kualitas foto yang baik. Tanpa sumber cahaya yang diposisikan tepat di atas atau di samping, bayangan ponsel akan mudah menutupi objek, mengingat kamu juga harus memotret dengan jarak yang sangat dekat.

Jika kamu bias berdamai dengan kelemahan-kelemahan tersebut, Blips akan memberikan kamu pengalaman fotografi mikroskopik yang seru. Kamu tinggal menaruh di saku dan membawa ke mana pun kamu pergi. Kamu dapat melihat dimensi baru dalam butiran gula saat berada di café atau tekstur pahatan di museum. Pada intinya, kamu dapat menemukan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan hanya lewat sentuhan jari.