Buat Avatar Realistis Hanya dari Foto Selfie

Teknologi VR saat ini telah mampu mendeteksi gerakan tubuh dengan sangat baik sehingga kita dapat bermain dan bersosialisasi secara natural. Meski demikian, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang VR masih belum dapat merekam wajah secara sempurna. Pembuatan avatar di VR masih menggunakan proses yang sama seperti di video games, yakni pemain menciptakan tampilan custom dari bagian tubuh yang sudah tersedia.

Sekarang, sebuah perusahaan startup bernama Loom.ai memperkenalkan sebuah system yang diklaim mampu untuk menciptakan avatar yang sangat realistis dari sebuah foto. Perusahaan ini mengombinasikan visualisasi komputer, machine learning, dan special-effect kelas atas dari industry film. Mereka pun mempublikasikan contoh avatar Angelina Jolie, Will Smith, Rihanna, Kanye West, dan Elon Musk untuk menunjukkan hasil sistem terbaru mereka.

Co-founder dan CEO Loom.ai, Mahesh Ramasubramanian, merupakan pegawai veteran DreamWorks Animation yang turut berpartisipasi dalam film Madagascar 3, Home, dan Shrek. Sementara sang CTO, Kiran Bhat, sebelumnya telah membantu untuk membangun sistem facial performance capture Lucasfilm. Ia juga pernah menjabat sebagai kepala departemen penelitian dan pengembangan untuk facial effects pada film The Avengers dan Pirates of the Carribbean.

Menurut Mahesh, sistemnya masih belum sempurna. Semua avatar yang ditampilkan masih memiliki jangkauan ekspresi yang sama dan beberapa emosi menampilkan efek yang tidak natural. Bagaimanapun, Loom.ai telah berhasil mendorong teknologi VR selangkah lebih maju, di mana pengguna nantinya akan dapat membuat avatar hanya dengan melakukan selfie.