Chatbot Medis Baidu Mudahkan Diagnosis Dokter

Perusahaan search engine raksasa asal Tingkok, Baidu, telah merilis sebuah chatbot medis yang dirancang untuk mempermudah proses diagnosis penyakit. Bot bernama Melody tersebut akan dapat diakses melalui aplikasi Baidu Doctor untuk perangkat Android dan iOS. Baidu Doctor dapat membantu pengguna untuk menghubungi dokter, membuat janji, dan menanyakan pertanyaan secara cepat.

Menurut Andrew Ng, chief scientist di pusat penelitian Baidu di Silicon Valley, calon pasien biasanya tidak memberikan cukup informasi yang bisa dijadikan acuan. Oleh karena itu, yang dibutuhkan saat ini adalah sebuah percakapan di mana dokter bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait gejala-gejala penyakit. Misalnya, kapan sakit kepala dimulai, seberapa lama terasa, apakah rasa sakitnya lokal atau general, dan seterusnya.

Sementara sistem AI memproses data, Melody akan reaktif terhadap apa yang dikatakan oleh pasien. Ng mengungkapkan bahwa Melody bukanlah pengganti dokter, ia hanya diciptakan untuk memudahkan pekerjaan dokter dengan mengumpulkan informasi dan memberikan rekomendasi.

Beberapa startup di AS dan Inggris juga telah meluncurkan aplikasi sejenis, seperti Your.MD dan Babylon Health. Serupa dengan Baidu, mereka juga telah menggunakan conversational bot. Aplikasi-aplikasi ini dinilai mampu bekerja dengan baik selayaknya perawat, meski masih memiliki keterbatasan.

Baidu sendiri saat ini tengah fokus dengan layanan yang mampu mereka berikan. Perusahaan tersebut mengutip data dari WHO yang mengungkapkan bahwa dunia akan kekurangan hingga 13 juta tenaga kesehatan profesional pada 20 tahun mendatang. “Kami melihat bahwa para dokter memeriksa sejumlah besar pasien setiap hari – hingga di atas 80 atau 100. Kami dapat membantu mereka,” ujar Ng.