Bob Dylan Tolak Penghargaan Nobel

Dinilai telah mampu menghadirkan warna baru dalam tradisi musik Amerika lewat lagu-lagunya, Bob Dylan diumumkan sebagai pemenang penghargaan Nobel tahun ini dalam bidang literatur pada awal bulan Oktober. Penghargaan ini diberikan kepada individu yang telah memproduksi karya yang paling gemilang di bidang literatur.

Setelah kabar ini diumumkan, Leonard Cohen, The Rolling Stones, dan Tom Waits memberikan selamat kepada Dylan. Namun, penyanyi dan penulis lagu legendaris berusa 75 tahun ini masih belum membuka suara.

Dylan telah diundang ke Stockholm untuk membawa pulang medali beserta hadiah uang sebesar 900.000 dollar AS yang diberikan langsung oleh Raja Karl XVI Gustaf pada 10 Desember mendatang. Namun, Nobel Academy menyatakan bahwa mereka masih belum menerima konfirmasi kehadiran dari Dylan.

Per Wastberg, penulis dan anggota Nobel Academy, mengomentari hal ini pada sebuah stasiun televisi publik Swedia. Wastberg mengatakan bahwa Dylan telah bersikap tidak sopan dan arogan. Ia juga menambahkan bahwa Dylan memang bisa menjadi keras kepala dan tidak senang tampil sendirian di panggung.

Beberapa fan berspekulasi bahwa penolakan Dylan disebabkan karena penggagas penghargaan Nobel, Alfred Nobel, merupakan produsen alat perang. Meskipun Dylan menolak penghargaan ini, Nobel Academy akan tetap menuliskan namanya sebagai pemenang, seperti yang pernah terjadi sebelumnya dengan Albert Einstein dan Jean-Paul Sartre.