Era Video HDR YouTube Dimulai

Youtube mengalami update dengan penambahan fitur baru. Jika sebelumnya YouTube melakukan improvisasi dalam aspek resolusi melalui video 4K dan 60fps, kali ini aspek warna lah yang ditingkatkan dengan hadirnya fitur High Dynamic Range (HDR).

Jika kamu belum familiar, video HDR pada intinya serupa dengan fotografi HDR yang memiliki jangkauan level intensitas yang luas antara bagian tergelap dan terterang dalam sebuah gambar.

Saat ini masih belum banyak video platform seperti Netflix dan Amazon yang mendukung HDR. Sementara pada konsol gaming, HDR menjadi salah satu fitur yang diunggulkan, seperti yang dilakukan oleh Microsoft dan Sony.

Dengan adanya inovasi yang dilakukan YouTube, teknologi ini akan mampu digunakan secara lebih masih, baik oleh penonton maupun kreator. YouTube juga menginformasikan bahwa mereka tengah bekerja dengan para kreator dan channel top untuk mengisi katalog video HDR mereka.

YouTube mengatakan bahwa mengunggah video HDR akan sama mudahnya dengan mengunggah video pada umumnya. Kreator hanya harus memilih gamut warna Rec 2020 yang sudah ditentukan. Saat ini video HDR masih belum dapat diedit menggunakan fasilitas editor di Youtube.

Untuk bisa memutar video HDR, diperlukan sebuah TV HDR yang dapat menampilkan tone yang luas serta mendukung gamut warna yang tinggi. Sementara untuk streaming, kamu dapat menggunakan Chromecast Ultra atau Xbox One S.