Manfaat Positif Berinteraksi dengan Alam

Bagi banyak orang, berjalan-jalan di taman atau hutan kota merupakan kegiatan yang ampuh untuk menghilangkan stress pasca sibuk bekerja. Menikmati pemandangan alam secara tidak langsung melalui gambar atau lukisan juga dapat menghadirkan inspirasi serta meningkatkan fungsi kognitif otak kita.

Manfaat berinteraksi dengan alam juga ditegaskan melalui sebuah penelitian pada tahun 2008 oleh Mac Berman, psikolog di University of Michigan. Beliau memilih 36 orang, kemudian membaginya ke dalam dua kelompok dan memberikan tes kognitif. Dua kelompok tersebut lalu beristirahat secara terpisah, salah satunya di perkotaan, sedangkan yang lain di sebuah taman yang rimbun. Seperti yang sudah diperkirakan, pada tes kognitif kedua, kelompok yang beristirahat di taman mencapai skor yang lebih tinggi.

Banyak psikolog percaya bahwa bersentuhan dengan alam tidak hanya membuat kita dapat berpikir jernih, namun juga meningkatkan kemampuan mental. Tes lanjutan oleh psikolog yang sama, di mana ia mengganti kegiatan beristirahat di taman dengan hanya foto pemandangan, juga memberikan hasil serupa. Hal ini semakin mengindikasikan betapa alam sangat berpengaruh dalam membentuk kesehatan mental dan pikiran.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk sesekali berwisata ke hutan atau sekedar menghabiskan makan siang di taman?