MIT Rancang Teknologi Pemindaian Buku Mutakhir

Bagaimana seandainya memindai buku sama mudahnya dengan me-ripping CD? Tidak perlu membolak-balik dan menyesuaikan posisi halaman, cukup memasukkan buku apa pun dan mendapatkan salinan digital.

Sebuah arsip dari MIT yang diunggah ke nature.com menjelaskan rumusan teknologi yang mampu memindai buku dengan praktis. Teknlogi ini diharapkan dapat mempermudah cara konversi dokumen fisik ke bentuk digital.

Proses pemindaian tersebut memanfaatkan radiasi tetrahertz yang diserap oleh kertas dan tinta secara berbeda. Kamera yang digunakan pun dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mendeteksi perbedaan antara satu halaman dengan yang lain, meskipun setiap halaman hanya memiliki lapisan udara setebal 20 mikrometer. Halaman yang dipindai kemudian diolah melalui berbagai software hingga muncul hasil berupa gambar yang lantas diproses oleh Optical Character Recognition (OCR).

Hal ini tentunya masih jauh dari kata sempurna. Kini, teknologi ini mampu ‘membaca’ hingga 9 halaman dalam buku yang tertutup. Pengembangan di masa mendatang mungkin dapat meningkatkan kemampuan teknologi ini sehingga dapat memudahkan siapa pun untuk mendapatkan file bacaan dengan praktis.