Sony Umumkan Dua Versi PS4 Baru

Sony telah mengumumkan versi baru PlayStation 4 yang lebih powerful dalam sebuah event di New York.

Konsol bertajuk PS4 Pro tersebut mampu me-render lebih banyak detail dalam games ketika dihubungkan ke televisi 4K UHD. Tak hanya PS4 Pro, versi PlayStation 4 yang lebih ramping juga diperkenalkan dengan harga yang lebih murah.

Sony memang dikenal sering membuat perubahan desain konsol dalam satu generasi, namun ini merupakan kali pertama mereka menciptakan dua varian dengan kemampuan grafis yang berbeda secara signifikan.

“Kami menyadari bahwa untuk gamer yang sangat membeda-bedakan, selalu ada hasrat untuk peningkatan dan mereka menginginkannya pada generasi ini,” ungkap Andrew House, Global CEO Sony.

Mengingat output ke televisi 4K sangat berat dan membutuhkan kemampuan komputasi lebih dari HD, Sony meningkatkan graphic processing power hingga lebih dari dua kali lipat dibandingkan PS4. Namun, tak seperti Xbox One S, PS4 Pro tidak mampu memainkan film Blu-ray 4K, suatu hal yang disesalkan oleh sejumlah fan.

Sony juga mengatakan bahwa mereka akan merilis software upgrade dengan tambahan fitur high dynamic range (HDR) untuk semua versi PS4. HDR akan menampilkan lebih banyak warna dengan skala kecerahan yang lebih luas sehingga gambar akan tampak lebih detail.

PS4 Pro akan dirilis November mendatang, dan gamer akan tetap mampu memainkan games yang kompatibel dengan konsol PS4 sebelumnya.