Jackie Chan Akan Dapatkan Honorary Oscar

Actor mandarin ini akan mengangkat piala penghargaan khusus di Academy’s Governors Award, bersama editor film Anne V. Coates (Lawrence Of Arabia, 50 Shades Of Grey), casting director Lynn Stalmaster (Harold and Maude), dan dokumentarian Frederick Wiseman.

Sepanjang kariernya, Jackie Chan telah membintangi sejumlah film-film box office, seperti Rush Hour, The Karate Kid, dan The Spy Next Door. Meskipun demikian, ia belum pernah dinominasikan dalam ajang Oscar.

Selain berlaga tanpa stuntman, Jackie Chan juga sering merangkap sebagai penulis naskah, koreografer, sutradara, dan produser dalam film-filmnya.

Academy mengungkapkan bahwa Jackie Chan telah menghabiskan empat dekade untuk memukau penonton dengan kemampuan atletis, adegan aksi, dan karismanya yang tak terbatas.

Dalam laman Facebooknya, Jackie Chan telah memposting ucapan terima kasih untuk keluarga dan para fan. “Aku ingin mengucapkan terima kasih dari lubuk hati kepada Oscar yang memberikan penyemangat dalam bentuk penghargaan ini dan mengakui prestasiku selagi aku masih ‘muda’, tulisnya.

“Aku merasa sangat terhormat sebagai Tionghoa pertama yang mendapatkan penghargaan ini. Sejujurnya, membuat sebuah film aksi tidaklah mudah. Terluka dan berdarah adalah hal yang wajar. Banyak dari kami yang memiliki tubuh penuh luka dan aku pun tidak terkecuali.”

“Oleh karena itu, aku ingin membagi kehormatan ini dengan para saudaraku di JC Stunt Team yang telah bersama-sama melalui saat-saat baik maupun buruk selama bertahun-tahun, dan aku ingin berbagi penghargaan ini dengan semua bintang film aksi dari seluruh dunia!”